moenggapai.info – Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) merupakan salah satu permasalahan gizi. Penyebab timbulnya GAKY adalah karena tubuh seseorang kekurangan unsur yodium secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga  Menggapai Informasi Gejala Umum Gangguan Kecemasan

Pada tahap ringan penyakit gondok tidak dianggap sebagai permasalahan yang memerlukan penanganan secara serius dan mendesak. Padahal, apabila tidak mendapat perhatian yang serius gondok dapat mengakibatkan timbulnya kretin dengan kelainan yang menyertainya seperti adanya gangguan perkembangan saraf, mental, fisik serta psikis. Akibat negatif GAKY yang lain dilihat dari pengembangan sumber daya manusia adalah gangguan saraf pusat yang berdampak pada kecerdasan. Setiap penderita GAKY akan mengalami defisit IQ point.

GAKY disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

1) faktor konsumsi makanan sumber yodium yaitu makanan yang dikonsumsi kurang mengandung yodium,

2) faktor lingkungan mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap timbulnya kasus-kasus baru GAKY. Faktor lingkungan yang terpenting adalah goitrogenik terutama kelompok pertama adalah thiosianat yang terdapat pada ubi kayu, jagung, rebung, ubi jalar, buncis, kol, rebung, sawi, dan selada air. Kelompok kedua adalah tiourea, tionamida, tioglikosida, bioflavonoid, dan disulfida alifatik yang terdapat dalam sorgum, kacang-kacangan, kacang tanah, bawang merah, dan bawang putih. Konsumsi zat goitrogenik akan menghambat penyerapan yodium
dalam tubuh. Konsumsi makanan yang mengandung goitrogenik dalam frekuensi sering akan menyebabkan terjadinya GAKY.

3) Faktor kelebihan yodium, unsur kelumit, dan status gizi pada umumnya.

4) Faktor pengetahuan tentang garam yodium yaitu pengetahuan mengenai pengertian, manfaat, cara penggunaan, cara penyimpanan, dan akibat kekurangan yodium.

5) Faktor genetik,

6) penggunaan keluarga berencana (KB) hormonal yang akan berpengaruh terhadap fungsi tiroid.

Ibu yang kekurangan yodium dapat menjadi hipotiroid dan dapat menyebabkan wanita hamil yang berisiko aborsi meningkat, angka kematian bayi meningkat, retardasi mental, dan kelainan kongenital.

Baca Juga  Menggapai Informasi Ferrari F12tdf

Wanita usia subur (WUS) adalah wanita pada masa atau periode tertentu dimana dapat mengalami proses reproduksi. WUS adalah wanita yang berusia 15 – 49 tahun. WUS merupakan salah satu kelompok yang berisiko terkena gondok sehingga kelompok ini merupakan salah satu sasaran dalam penanggulangan GAKY. WUS yang mengalami GAKY bisa mengakibatkan bayi yang dilahirkan mengalami retardasi mental, mata juling, bisu, dan tuli. Akibat yang lebih parah, bayi yang dilahirkan bisa memiliki kemampuan berpikir yang lebih rendah dibanding bayi yang dilahirkan dari ibu yang tidak menderita GAKY.

Komentar Anda