menggapai.info – Penyakit jantung telah menjadi penyakit pembunuh kedua di Hong Kong setelah kanker. Penyakit jantung koroner merupakan penyakit jantung utama. Menurut statistik dari Departemen Kesehatan, kematian akibat penyakit jantung koroner mencapai 69,4% dari semua kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung pada tahun 2007.

Baca Juga  Menggapai Informasi Penyakit Kanker Serviks

Belakangan ini, penyakit arteri koroner terdeteksi pada penderita yang masih berusia muda. Tidak jarang bagi penyakit ini untuk berkembang dan menyerang orang-orang yang masih berusia 20-an tahun. Sebagian besar pasien tidak mengalami gejala penyakit yang terdeteksi, sehingga kemungkinan perkembangan penyakit ini dengan mudah diabaikan.

Nama lengkap dari “penyakit jantung koroner” adalah “penyakit jantung arteri koroner”. Arteri koroner merupakan sistem pembuluh darah yang memasok oksigen dan nutrisi ke otot jantung untuk menjaga fungsinya. Penyakit ini disebut demikian karena sistem arteri berbentuk seperti korona.

Jika, karena alasan apa pun juga, arteri koroner menyempit atau tersumbat, aliran darah ke jantung akan berkurang sehingga menyebabkan kurangnya pasokan oksigen ke otot-otot jantung, yang menyebabkan penyakit jantung koroner. Ketika penyumbatan di arteri koroner menjadi lebih parah, pasien akan merasakan angina (nyeri dada) dan angina bisa menyebabkan kondisi infark miokard yang fatal (umumnya dikenal sebagai “serangan jantung”).

Bahaya dari penyakit jantung koroner adalah bahwa penyakit ini bisa menyebabkan kematian dalam waktu yang sangat singkat tanpa munculnya gejala penyakit. Oleh karena itu, kita harus mengambil tindakan pencegahan dini. Apabila nyeri dada terasa secara terus menerus, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan deteksi dini dan menerima tindakan pengobatan yang sesuai.

Individu yang berisiko tinggi atau orang-orang yang dicurigai mengalami gejala tersebut harus berkonsultasi kepada dokter keluarga mereka dan menetapkan jadwal pemeriksaan rutin atau dini. Dokter akan melakukan penyelidikan klinis dan menanyakan riwayat kesehatan pasien. Pemeriksaan klinis mencakup pemeriksaan tekanan darah, tes darah, dan tes kadar gula/protein dalam air seni, dll

Baca Juga  Menggapai Informasi Honda Brio

Tindakan pengobatan bisa mencakup pemberian obat-obatan, intervensi kateter, dan bedah jantung. Terlepas dari jenis pengobatan yang diterima, pasien harus menjalani gaya hidup yang sehat, seperti berhenti merokok, mengikuti pola makan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan menjaga berat badan yang sehat.

 

Komentar Anda