menggapai.info – Sebelum kita masuk kedalam latihan kebugaran aerobik untuk anak ada baiknya kita mengetahui apa itu latihan. Latihan adalah suatu proses penyempurnaan atlet secara sadar untuk mencapai suatu prestasi maksimal dengan diberi beban-beban fisik, taktik dan mental secara teratur, terarah,meningkat, bertahap, dan berulang-ulang waktunya.

Baca Juga  Menggapai Informasi Teknik Bermain Catur

Pengertian lainnya tentang latihan adalah aktivitas jasmani yang terencana, terstruktur, dan dilaksanakan berupa pengulangan gerakan tubuh dengan maksud untuk menyempurnakan, atau mempertahankan satu atau lebih komponen kebugaran jasmani. latihan kebugaran adalah proses sistematis melalui rangsang gerak, bertujuan tubuh, yang meliputi kualitas daya tahan paru jantung, kekuatan, dan daya tahan otot, kelentukan dan komposisi tubuh.

Kebugaran aerobik adalah ukuran kemampuan jantung untuk memompa darah yang kaya oksigen ke bagian tubuh lainnya dan kemampuan untuk menyesuaikan serta memulihkan dari aktivitas jasmani . Dari ketiga pengertian di atas maka pengertian latihan kebugaran aerobik adalah aktivitas jasmani yang terencana, terstruktur, dan dilaksanakan berupa pengulangan gerakantubuh dengan maksud untuk meningkatkan atau mempertahankan kualitas fungsional kemampuanjantung untuk memompa darah yang kaya oksigen ke bagian tubuh lainnya dan kemampuan untuk menyesuaikan serta memulihkan dari aktivitas jasmani.

Mendapatkan tingkat kebugaran jasmani anak yang optimal harus menyusun latihan yang sistematis, terukur, dan teratur agar latihankebugaran aerobic tersebut lebih efektif.

Latihan kebugaran aerobik untuk anak akan dapat merangsang otot-otot jantung. Dengan bertambah kuatnya otot jantung maka darah yang terpompa dari jantung akan lebih banyak sehingga suplai oksigen keseluruh tubuh akan lebih banyak pula. Namun dalam menerapkan latihan kebugaran aerobik harus memperhatikan aturan-aturan agar tidak terjadi hal-hal yang berbahaya.

Hal yang paling utama diperhatikan adalah siapa yang sedang melakukan latihan kebugaran aerobik dan tujuan dari latihan tersebut. Ada tiga tujuan latihan kebugaran aerobik:

(1) Tingkat dasar
Bertujuan untuk mencapai derajat kesehatan dinamis,

(2) Tingkat menengah

Bertujuan mencapai tingkat kebugaran untuk melaksanakan kegiatan olahraga.

(3) kebugaran untuk berprestasi

Bertujuan mencetak atlit berprestasi dalam olahraga. Untuk meningkatkan kebugaran jasmani anak sekolah dasar maka cukup pada tujuan kebugaran tingkat dasar, sehingga harus memperhatikan prinsip latihan kebugaran, agar tidak terjadi overload/beban berlebih, sakit, dan lain-lain yang bersifat negatif.

Baca Juga  Menggapai Informasi Akibat Kekurangan Yodium pada Wanita

Untuk mengetahui seberapa berat latihan aerobik untuk anak yang diberikan. dapat dilihat dari denyut jantung maksimal permenit. Adapun caranya adalah dengan meraba arteri carotid yang terletak pada leher dan dihitung jumlah detaknya selama satu menit

Komentar Anda