menggapai.info – Pentingnya melibatkan orang tua dalam pengelolaan pendidikan anak usia dini menjadi sebuah objek penelitian yang menarik, karena akan mengungkapkan sejauh mana pengaruh dan peran serta partisipasi orang tua dalam pengelolaan pendidikan anak mereka.

Anak-anak adalah generasi penerus keluarga dan sekaligus penerus bangsa. Betapa bahagianya orang tua yang melihat anak-anaknya berhasil, baik dalam pendidikan, dalam berkeluarga, dalam masyarakat, maupun dalam karir dengan keluhuran moral dan pemahamannya akan arti hidup untuk dapat selalu menjadi pribadi yang bermanfaat dan prestatif. Sebaliknya orang tua mana yang tidak sedih melihat anak-anaknya gagal dalam pendidikannya, dalam berkeluarga, dan dalam karirnya bahkan memiliki moral yang tidak disukai oleh lingkungan serta menjadi pribadi yang selalu menjadi benalu bagi masyarakatnya.

Betapa hancurnya perasaan orang tua mendengar anak-anaknya melakukan kejahatan atau tindakan kriminal yang kemudian berurusan dengan polisi. Oleh karena itu betapa pentingnya peran keluarga sebagai institusi sosial yang pertama dan utama bagi seorang makhluk manusia, dimana dia pertama dilahirkan dan hidup dalam lingkungan yang pertama yang dinamakan keluarga tersebut.

Secara naluriah setiap orang tua pasti akan melindungi anaknya, terlebih apabila anak masih dalam usia balita dan dianggap masih belum mandiri dan belum memiliki ketrampilan dan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan dan menjaga dirinya, dan orang tua yang berperan dalam memenuhi kebutuhan itu dan melindungi anaknya. Namun untuk memiliki keterampilan yang baik dalam membentuk anak usia dini tidaklah mudah perlu adanya upaya untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan dari orang tua dalam membesarkan anaknya. Parenting atau pendidikan orang tua terhadap anak-anak adalah pendidikan yang didasarkan pada rasa kasih sayang terhadap anak-anak dan kodrat yang diterimanya.

Orang tua adalah pendidik sejati. Oleh karena itu, kasih sayang orang tua terhadap anak-anak hendaknya memberikan kasih sayang yang sejati pula.

Komentar Anda
Baca Juga  Menggapai Informasi Pendidikan Menumbuhkan Kreativitas Anak