menggapai.info – Ayah merupakan salah satu figur yang berperan dalam keluarga. Fungsi dan tugas ayah tentu tidak sama dengan Ibu. Ibu lebih berorientasi pada pengasuhan sedangkan ayah lebih kepada perlindungan. Orientasi ini dari waktu ke waktu mengalami perubahan baik pada substansinya atau pada implementasinya.

Baca Juga  Menggapai Informasi Pendidikan Anak Usia Dini

Substansi pada zaman dulu pada pengasuhan adalah Ibu lebih banyak berada di rumah sebagai wujud dari pengasuhan untuk menjaga dan merawat anak sebagai implementasi dari pengasuhan untuk memenuhi nafkah batin anak, sedangkan substansi perlindungan adalah Bapak lebih banyak beradadiluar rumah mencari dan memenuhi nafkahlahir sebagai implementasi dari perlindungan.

Zaman sekarang, substansi dan implementasi dari kedua hal tersebut mengalami perubahan, hal ini karena terjadinya perubahan dalam struktur dan pola hubungan antar anggota keluarga serta ada perubahan paradigma peran orang tua yang berhubungan dengan peran publik dan domestik karena perubahan awal terbentuknya keluarga.

Peran seorang ayah pada tahun-tahun pertama dalam kehidupan anak adalah membantu ibu memberikan perawatan. Namun setelah itu ayah menjadi kepala keluarga yang berwibawa dan mempertahankan serta melindungi kehidupan keluarga.

Fungsi seorang ayah adalah hidup dan bekerja pada perbatasan antara keluarga dan masyarakat, antara “dalam” dan
“luar.” Ayah memperkenalkan dan membimbing anak-anaknya untuk mengarungi dunia luar atau kehidupan bermasyarakat.

Ayah yang mengumpulkan hasil kerjanya ke dalam keluarga, sedangkan ibu membagi-bagikan hasil itu menurut keperluan masing-masing anggota keluarganya. Ayah bertanggung jawab atas tiga tugas utama. Pertama, ayah haruslah mengajar anaknya tentang Tuhan dan mendidik anaknya dalam ajaran agama. Kedua, seorang ayah haruslah mengambil peran sebagai pimpinan dalam keluarganya. Ketiga, ayah haruslah bertanggung jawab atas disiplin. Dengan demikian ia menjadi seorang figur otorita.

Baca Juga  Menggapai Informasi Masalah Kesehatan Gigi di Indonesia

Anak adalah sumber kebanggaan. Bagi sebagian orang tua, membesarkan anak berkaitan dengan kebanggaan keluarga. Mereka menganggap bahwa keberhasilan anak=anak dapat mendatangkan kepuasan tersendiri dalam diri mereka. Mereka tidak ja- rang mengukur keberhasilan mereka sebagai orang tua dari tingkat kesuksesan anak-anak

Komentar Anda