menggapai.info – Kesuksesan psikologis merupakan tujuan tertinggi dari karir seseorang, yaitu perasaan bangga
atas prestasi yang didapatkan ketika tujuan terpenting dalam kehidupannya tercapai.

Para pakar lebih sering mendifinisikan karir sebagai proses suatu konsep yang tidak statis dan final sehingga akibatnya terdapat bermacam- macam difinisi mengenai karir. Karir adalah “ perjalanan pekerjaan seorang pegawai di dalam organisasi , perjalanan ini dimulai sejak ia diterima sebagai pegawai baru , dan berakhir pada saat ia tidak bekerja lagi dalam organisasi tersebut”.

Tujuan atau sasaran karir tidak otomatis tercapai bila seorang pegawai memenuhi syarat yang harus dipenuhi karena untuk menduduki suatu karir tertentu, kadang- kadang harus memenuhi syarat- syarat yang seringkali di luar kekuasaannya yaitu ada tidaknya lowongan jabatan yang dituju, ada tidaknya keputusan dan referensi dari pimpinan, dan ada tidaknya kandidat lain yang sama kualitasnya, semua itu dapat membatasi kemajuan karir seorang pegawai.

Perjalanan karir ada yang baik ada yang buruk, ada perjalanan karir yang lambat ada pula yang cepat. Tetapi, tentu saja semua orang menginginkan karir yang baik dan bila mungkin bergulir dengan cepat. Ada beberapa ketrampilan yang secara umum harus dikuasai oleh seorang pegawai sesuai dengan bidang pekerjaannya atau level kepemimpinannya , yaitu :

1. Ketrampilan konseptual / CONSEPTUAL SKILLS adalah kemampuan untuk mengintepretasikan informasi dari berbagai sumber untuk kepentingan dan kemajuan organisasi.

2. Ketrampilan kemanusiaan / HUMAN SKILLS adalah kemampuan untuk bekerja dan memahami orang lain baik sebagai individu maupun sebagai kelompok serta untuk memperoleh partisipasi mereka baik sebagai individu maupun sebagai anggota kelompok.

3. Ketrampilan administratif / ADMINISTRATIF SKILLS adalah kemampuan untuk merencanakan, mengorganisir, pengendalian, dan pengawasan pekerjaan- pekerjaan kantor.

4. Ketrampilan teknik / TECHNICAL SKILLS adalah kemampuan untuk menggunakan peralatan- peralatan sesuai dengan bidang pekerjaannya.

Komentar Anda
Baca Juga  Menggapai Informasi Mengatur Gaji Bulanan