menggapai.inf0 – Cabang olahraga bola voli masuk di Indonesia pada tahun 1928 pada masa penjajahan Belanda. Disamping itu cabang olahraga bola voli juga masuk dalam kurikulum pendidikan, yang masuk kedalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah.

Baca Juga  Menggapai Informasi Teknik Bermain Catur

Kata olahraga sebetulnya berasal dari bahasa jawa yaitu “olah” dan “rogo” yang berarti gerak badan. Permainan olahraga bola voli sudah memasyarakat dan digemari oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia, baik anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Olahraga ini memiliki animo yang cukup besar, dan bukan hanya dari kalangan bawah saja, tetapi dari seluruh lapisan masyarakat dari perkotaan hingga ke pelosok desa.

Pada umumya dari segi pemasalannya cabang olahraga bola voli telah berhasil dari segi pemasyarakatan dan pemasalan. Segi pembinaan prestasi sangatlah minim, karena ditinjau dari prestasi indonesia pada tahun terakhir sangat menurun.

Era sekarang ini cabang olahraga bola voli sudah masuk pada kegiatan hiburan, dan sekarang sudah terbentuk tim profesional yang dinamakan proliga yang dinaungi oleh perusahaan-perusahaan. Sesuai dengan tuntutan perkembang bola voli, maka cabang bola voli terjadi adanya pengembangan sesuai tuntutan masyarakat, dengan kegiatan trekreasi. Seperti yang sekarang sedang berkembang pesat yaitu voli pasir (voli pantai). Dimana Kota Palembang Sumatera Selatan sudah dua kali menyelenggarakan kejuaraan bola voli pantai tingkat internasional, khususnya kejuaraan voli pantai Asia Pasifik. Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara pertandingan voli pasir baik pada Seagames dan kejuaraan voli pasir Asia Pasifik pada bulan Maret 2012 bertempat di Jakabaring.

Program pembinaan sangatlah mendukung tingkat prestasi, melalui proses bimbingan dan pengarahan kita bisa mencapai target utama namun khusus di daerah-daerah sangatlah minim untuk pembinaan prestasi khususnya bola voli.

Baca Juga  Menggapai Informasi Dampak Stress Pada Karyawan

Program pembinaan cabang olahraga bola voli, maka penulis berkeinginan untuk melakukan penelitian dengan mengevaluasi program pembinaan olahraga bola voli, dengan menerapkan meodel Contek, Input, Proses, Produk(CIPP). Agar proses pembinaan berjalan denagn baik dan bisa meningkatkan prestasi.

Komentar Anda