menggapai.info – Keterampilan menjual (selling skills) merupakan pengetahuan khusus yang dimiliki oleh tenaga penjual yang berhubungan dengan produk bisnis perusahaan. Keterampilan menjual ditunjukkan dari kemampuan tenaga penjualan untuk memberikan penawaran terhadap pelanggannya sehingga pelanggan merasakan adanya nilai tambah yang diperoleh dari produk barang yang diinginkannya. Kemampuan menjual yang dimiliki tenaga penjualan akan semakin meningkatkan profit penjualan.

Baca Juga  Menggapai Informasi Mengatur Gaji Bulanan

Keterampilan menjual merupakan hal penting yang perlu menjadi pemikiran bagi pihak perusahaan, sehingga pengelolaan tenaga penjualan yang baik harus benar-benar menjadi suatu perhatian. Ketrampilan menjual yang baik akan memberi kemudahan dalam menguasai serta menangani proses penjualan. Kemampuan tenaga penjualan dalam melakukan aktivitas penjualan dipengaruhi oleh karakteristik yang dimilik oleh tenaga penjualan.

Di bawah ini 5 faktor yang mempengaruhi rencana penjualan antara lain:

1. Memahami perencanaan yang akan disusun untuk meningkatkan penjualan.

2. Memiliki pengetahuan mengenai produk dan cara kerjanya, presentasi penjualan, kemampuan bertanya serta kemampuan
tenaga penjual berhubungan dengan calon konsumen.

3. Memiliki kemampuan memaparkan produk yang ditawarkan sehingga memiliki peluang bagi tenaga penjual untuk membangkitkan ketertarikan konsumen terhadap produk tersebut.

4. Memiliki kemampuan dalam melakukan presentasi penjualan (yang dilakukan mirip seperti orasi atau memaparkan keunggulan dari produk yang ditawarkan pada konsumen). Ada ketrampilan tertentu yang harus dikembangkan dalam presentasi. Di mana presentasi penjualan yang disampaikan membuat konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut.

5. Memiliki kemampuan bertanya kepada konsumen. Kemampuan ini wajib dikuasai oleh tenaga penjual sehingga mereka dapat memahami kondisi pelanggan. Dengan cara ini tenaga penjual dapat membaca situasi dan kebutuhan konsumen.

Baca Juga  Menggapai Informasi Kekuatan dari Bahagia

Nah, kelima faktor ini dapat mendukung suksesnya tenaga penjual dalam melakukan pekerjaannya sebagai tenaga penjual.

Komentar Anda